Headlines News :
Home » » AS Tuduh Iran Terlibat Rencana Pembunuhan Diplomat Arab Saudi

AS Tuduh Iran Terlibat Rencana Pembunuhan Diplomat Arab Saudi

Written By ASEP KUMIS on Rabu, 12 Oktober 2011 | 10/12/2011 02:41:00 AM

WASHINGTON  - Pemerintah Obama pada Selasa (11/10/2011) menuduh agen-agen pemerintah Iran bersekongkol untuk membunuh duta besar Saudi di Amerika Serikat.

Dua pria, termasuk seorang anggota unit tindakan-tindakan khusus luar negeri Iran yang dikenal sebagai Tentara Quds, didakwa di pengadilan federal New York dengan tuduhan bersekongkol untuk membunuh diplomat Saudi, Adel Al-Jubeir. Para pejabat Departemen Kehakiman mengatakan orang-orang tersebut mencoba untuk menyewa seorang anggota yang diakui dari suatu kartel narkoba Meksiko untuk melaksanakan pembunuhan itu dengan serangan bom, ketika Al-Jubeir makan malam di restoran favoritnya.

Pengaduan pidana AS mengatakan komplotan Iran tersebut menyewa calon pembunuh di Meksiko yang merupakan seorang informan bayaran untuk Badan Anti Narkotika AS (DEA) dan informan tersebut mengatakan kepada pihak berwenang AS tentang semua plot mereka, yang mereka beri nama kode "Chevrolet."

Direktur FBI Robert Mueller mengatakan banyak nyawa dapat hilang. Tapi Preet Bharara, jaksa AS di Manhattan, mengatakan tidak ada bahan peledak ditempatkan dan tidak ada seorang pun yang dalam bahaya karena kerjasama dari informan dengan otoritas sehingga dapat mencegah kejadian tersebut.

Jaksa Agung Eric Holder, yang muncul di konferensi pers bersama Mueller dan Bharara, menyatakan, "Amerika Serikat berkomitmen untuk menganggap Iran bertanggung jawab atas tindakan-tindakannya."

Tak lama kemudian, Departemen Keuangan mengumumkan sanksi ekonomi terhadap Arbabsiar dan empat perwira Tentara Quds yang dikatakan terlibat.

Ditanya apakah plot diberkati oleh eselon paling atas pemerintah Iran, Holder mengatakan Departemen Kehakiman tidak membuat tuduhan itu. Namun dia mengatakan konspirasi dikandung, disponsori dan diarahkan dari Teheran. AS menggambarkan Tentara Quds sebagai tangan aksi utama luar negeri Iran untuk mendukung teroris dan ekstremis di seluruh dunia.

Target itu diduga adalah Al-Jubeir, yang merupakan penasihat urusan luar negeri ke Saudi Raja Abdullah ketika ia menjadi putra mahkota. Sebulan setelah serangan 11 September 2001 serangan, di mana 15 dari 19 pembajak berkebangsaan Arab tersebut berasal dari Arab Saudi, Abdullah al-Jubeir dikirim ke Amerika Serikat untuk membangun kembali citra Arab Saudi di mata Amerika Serikat. Dia kemudian diangkat sebagai duta besar pada tahun 2007.

Syiah Iran dan Sunni Arab Saudi adalah dua negara Timur Tengah yang paling kuat dan telah lama bersaing untuk kekuasaan dan pengaruh di seluruh wilayah tersebut. Arab Saudi dan negara-negara lain seperti Bahrain telah menuduh Iran berusaha untuk membuat perbedaan pendapat di negara mereka tahun ini, selama gerakan demontrasi di seluruh wilayah itu.
..Dua pria, termasuk seorang anggota unit tindakan-tindakan khusus luar negeri Iran yang dikenal sebagai Tentara Quds, didakwa di pengadilan federal New York dengan tuduhan bersekongkol untuk membunuh diplomat Saudi, Adel Al-Jubeir..
Kedutaan Besar Saudi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa negara itu menghargai upaya AS untuk mencegah kejahatan. "Plot tersebut adalah pelanggaran hina dari standar, konvensi dan norma-norma internasional dan tidak sesuai dengan prinsip-prinsip kemanusiaan," kata pernyataan itu.

Manssor Arbabsiar dituduh menyewa anggota kartel narkoba Mexico untuk membunuh diplomat Saudi di AS
Manssor Arbabsiar, 56 tahun warga negara AS yang juga memegang paspor Iran, didakwa bersama dengan Gholam Shakuri, yang pihak berwenang mengatakan adalah anggota Tentara Quds dan tetap berada di Iran. Departemen Keuangan mencantumkan alamat untuk Arbabsiar di dua kota Texas - pinggiran Austin Round Rock dan kota Teluk Corpus Christi - dan jaksa mengatakan ia sering bepergian ke Meksiko untuk bisnis.

Pengaduan yang diajukan di pengadilan federal mengatakan Arbabsiar mengakui bahwa sepupunya Abdul Reza Shahlai yang merupakan anggota ranking tingkat tinggi dari Tentara Quds yang menyuruhnya untuk mempekerjakan seseorang dalam bisnis narkotika untuk menargetkan Al-Jubeir. Pemerintah AS manggambarkan Shakuri sebagai wakil Shahlai yang membantu menyediakan dana untuk plot tersebut. Shahlai diidentifikasi oleh Departemen Keuangan pada tahun 2008, selama pemerintahan George W. Bush, sebagai wakil komandan Quds yang merencanakan serangan 20 Januari 2007, di Karbala, Irak, yang menewaskan lima tentara Amerika dan melukai tiga orang lainnya.

Arbabsiar, Shakuri, Shahlai dan dua lainnya - Qasem Soleimani, seorang komandan Quds yang diduga mengawasi plot, dan Hamed Abdollahi, seorang perwira senior Quds yang membantu kordinasikan - diberi sanksi oleh Departemen Keuangan AS pada hari Selasa untuk dugaan keterlibatan mereka. Departemen menjelaskan semua orang tersebut sebagai perwira Quds kecuali Arbabsiar.

Pengaduan tersebut menuduh bahwa awal tahun ini Arbabsiar mendekati informan DEA, yang ia percaya terkait dengan kartel narkoba Meksiko yang terkenal dengan akses ke senjata kelas militer dan bahan peledak dan memiliki sejarah pembunuhan. Para pejabat Departemen Kehakiman mengatakan Arbabsiar awalnya menanyai informan itu tentang pengetahuannya tentang bahan peledak plastik untuk plot meledakkan Kedutaan Saudi. Tapi melalui pertemuan-pertemuan berikutnya di Meksiko selama enam bulan terakhir di mana mereka berbicara dalam bahasa Inggris, yang diam-diam direkam untuk otoritas AS, Arbabsiar menawarkan $ 1,5 juta untuk kematian sang duta besar. Dia akhirnya menyediakan hampir $ 100.000 ke nomor rekening yang diberikan informan tersebut, kata pihak berwenang.

Informan DEA tidak asing dengan kegiatan kriminal; pengaduan pidana mengungkapkan ia didakwa melanggar hukum narkoba di Amerika Serikat tetapi tuduhan itu dibatalkan ketika informan tersebut bekerja sama dengan beberapa penyelidikan narkoba. Keluhan mengatakan informan tersebut terus memberikan informasi yang handal yang telah menyebabkan banyak narkoba disita dan dibayar untuk karyanya.

Menurut transkrip rekaman percakapan mereka yang dikutip dalam pengaduan tersebut, informan mengatakan kepada  Arbabsiar ia akan membunuh duta besar bagaimanapun yang Arbabsiar inginkan - "meledakkan atau menembak dia" - dan Arbabsiar menanggapi ia harus menggunakan metode apapun yang paling mudah. Plot tersebut akhirnya berpusat pada penargetan Al-Jubeir di restoran favoritnya dan Arbabsiar seperti dikutip mengatakan membunuh dia sendirian akan lebih baik, "tapi kadang-kadang, Anda tahu, Anda tidak punya pilihan." Arbabsiar menolak kemungkinan bahwa 100-150 orang lain di restoran tersebut yang bisa tewas bersamaan dengan duta besar sebagai seseuatu yang "tidak masalah" dan "bukan masalah besar."

Arbabsiar ditangkap 29 September di Bandara Internasional John F. Kennedy New York dan diperintahkan ditahan tanpa jaminan selama penampilan pengadilan singkat pertamanya Kamis siang. Jaksa mengatakan dia menghadapi hukuman penjara sampai seumur hidup jika terbukti bersalah.

Pengaduan tersebut mengatakan bahwa setelah penangkapannya, Arbabsiar membuat beberapa panggilan untuk Shakuri di mana mereka membahas pembelian "Chevrolet," mereka dan Shakuri mendesak Arbabsiar untuk "segera melakukannya dengan cepat.



SUMBER
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Copas 4 Islam - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template