Headlines News :
Home » » Meski Dibebaskan 178 Tahanan Palestina Tidak akan Kembali ke Rumah

Meski Dibebaskan 178 Tahanan Palestina Tidak akan Kembali ke Rumah

Written By ASEP KUMIS on Jumat, 14 Oktober 2011 | 10/14/2011 06:48:00 AM

GAZA  - Ditengah-tengah kegembiraan akan dibebaskannya lebih dari 1000 tahanan Palestina sebagai pertukaran dengan seorang tentara Israel, Ghilad Shalit, tersiar kabar yang kurang mengenakkan bahwa 178 dari 450 tahanan Palestina yang akan di bebaskan pada tahap pertama tersebut akan di deportasi ke negara ketiga atau juga ke Jalur Gaza jika mereka berasal dari Tepi Barat atau Yerusalem Timur
Seorang pejabat Hamas hari Kamis mengatakan bahwa hampir 200 dari 450 warga Palestina yang akan dibebaskan dalam tahap pertama dari pertukaran untuk seorang prajurit Israel yang ditangkap tidak akan diizinkan untuk kembali ke rumah mereka di Tepi Barat, Gaza atau Yerusalem timur, menunjukkan sejumlah besar kemungkinan menghadapi deportasi.

Pejabat tersebut, yang meminta namanya dirahasiakan karena ia tidak berwenang untuk merilis angka-angka itu mengatakan kepada wartawan bahwa 272 dari 450 tahanan yang akan dilepas dalam tahap awal dari pertukaran untuk tentara Israel Gilad Shalit bisa pulang. Itu berarti tersisa 178 tahana kemungkinan akan dideportasi ke negara ketiga atau - jika mereka berasal dari Tepi Barat atau Yerusalem timur - ke Jalur Gaza yang diperintah Hamas. Pejabat Hamas tidak menyebutkan nama negara-negara yang mungkin menjadi tujuan bagi mereka diusir.

Pertukaran tahanan yang diumumkan Selasa, mengakhiri lima tahun negosiasi untuk membebaskan Shalit, yang ditangkap oleh Hamas yang didukung militan Gaza dalam serangan lintas-perbatasan pada tahun 2006. Israel akan melepaskan lebih dari 1.000 tahanan Palestina. Sekitar 550 diharapkan akan dibebaskan dalam fase kedua dalam sekitar dua bulan.

Deportasi tersebut akan menjadi pukulan bagi keluarga para tahanan, yang banyak di antaranya telah menunggu puluhan tahun untuk melihat orang yang mereka cintai.

Hamas mungkin berada di bawah hujatan dari kritikus Palestina karena menyetujui deportasi begitu banyak tahanan setelah berulang kali mengatakan akan berjuang untuk memungkinkan para tahanan kembali ke rumah mereka. NamunpPara pejabat Hamas memberikan catatan bahwa Israel menginginkan jauh lebih banyak tahanan dideportasi, dan bahwa pelepasan begitu banyak tahanan Palestina itu sendiri adalah kemenangan.
..272 dari 450 tahanan yang akan dilepas dalam tahap awal dari pertukaran untuk tentara Israel Gilad Shalit bisa pulang. Itu berarti tersisa 178 tahana kemungkinan akan dideportasi ke negara ketiga atau - jika mereka berasal dari Tepi Barat atau Yerusalem timur - ke Jalur Gaza yang diperintah Hamas..
Israel menekan untuk mendeportasi tahanan Palestina yang mereka khawatirkan akan menimbulkan risiko keamanan untuk negara Yahudi itu jika mereka dilepaskan kembali ke komunitas mereka sendiri. Sebagian besar dari mereka yang jadi keberatan Israel disalahkan karena mendalangi serangan-serangan militan, atau menyebabkan kematian warga Israel.

Tahap pertama dari kesepakatan itu kemungkinan akan disimpulkan pada Selasa atau Rabu berikutnya, kata seorang pejabat Hamas, Saleh Aruri.

Pihak lain yang terlibat dalam kesepakatan tersebut - mediator Mesir dan para pejabat Israel belum mengkonfirmasi hari. Aruri adalah salah satu dari empat pejabat Hamas yang terlibat dalam negosiasi untuk pertukaran tersebut.

Aruri mengatakan otoritas penjara Israel akan menyerahkan tawanan Palestina kepada Komite Internasional Palang Merah, sementara mereka akan mentransfer Shalit kepada pihak berwenang Mesir.

"Israel akan menyerahkan saudara dan saudari kita yang terkasih," kata Aruri, berbicara kepada stasiun televisi yang loyal pada kelompok militan tersebut.

Pada hari Kamis, pemimpin Hamas Khaled Mashaal mengadakan rapat di Kairo dengan kepala intelijen Mesir Mourad Mowafi untuk membahas logistik dari pelepasan tersebut. Mesir adalah dikreditkan dengan memainkan peran utama dalam menengahi kesepakatan pertukaran.

Pejabat Hamas yang menawarkan rincian dari fase pertama dari tahanan mengatakan mereka yang akan dibebaskan termasuk tujuh orang yang telah dipenjara sekitar tiga dekade di penjara-penjara Israel. Tidak segera jelas apa vonis mereka, atau jika mereka akan menjadi salah satu tahanan yang dideportasi.



SUMBER
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Copas 4 Islam - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template