Headlines News :
Home » » Presiden Somalia Mengajak Al-Shabab Dialog Menghentikan Serangannya

Presiden Somalia Mengajak Al-Shabab Dialog Menghentikan Serangannya

Written By ASEP KUMIS on Selasa, 03 Januari 2012 | 1/03/2012 07:10:00 AM

SOMALIA. – Pada hari Senin 2 Januari 2011 presiden Somalia Sheikh Sharif Sheikh Ahmed mengajak "Al-Shabab" untuk dialog dan rekonsiliasi, setelah penangkapan pasukan pemerintah Somalia dan Ethiopia pada Sabtu di kota strategis"Baldwin" tengah Somalia.

Mengherankan, Presiden juga menuntut agar Al-Shabab menghentikan pembunuhan orang tak bersalah lebih lanjut dari memperpanjang permusuhan mereka seraya menyeru untuk dialog dan rekonsiliasi. Padahal gerakan Al-Shabab berusaha untuk tidak menyerang orang-orang yang tak bersalah dan bahkan memberikan bantuan pada rakyat yang terkena bencana kelaparan.

Juru bicara pemerintah Ethiopia Bereket Simon berkata: Pasukan Ethiopia dan Somalia menguasai kota,"Baldwin," dan yang demikian terjadi setelah sebuah serangan oleh pasukan Ethiopia dari kedua sisi timur kota dan utara, dalam pertempuran sengit di mana kedua belah pihak menggunakan senjata berat dan ringan.

Salah satu penduduk kota berkata: Pasukan Ethiopia membom pinggiran kota dan dalamnya dengan artileri berat . Namun ia tidak menyebutkan korban di kalangan warga sipil. Dan ditegaskan dalam pernyataannya kepada “Al-Jazeera.net” bahwa kota tersebut sekarang berada di bawah kendali pasukan Ethiopia dan Somalia yang menyertai Etiopia dan para pejuang Gerakan Al-Shabab Mujahidin mundur ke luar.

Dan Gerakan Mujahidin al-Shabab mengatakan bahwa pertempuran sengit meletus di bagian timur kota. Menurut laporan media di Somalia, ada bom dan membunuh warga sipil. Kelompok itu mengatakan di depan situs jejaring sosial "Twitter" bahwa pasukannya telah meluncurkan penarikan"direncanakan dari kota. Pemerintah Somalia - yang mendapatkan dukungan internasional - tidak mengakui kehadiran pasukan Ethiopia sudah di dalam negeri, tetapi mereka mengeluarkan panggilan Sabtu ke negara tetangga seperti Ethiopia untuk memberikan bantuan untuk mengalahkan gerakan Al-Shabab.

Pasukan Ethiopia menetap di Somalia pada akhir 2006 dengan dukungan dari Amerika Serikat untuk mengendalikan gerakan,yang mengontrol selatan negara itu, namun langkah tersebut tidak merakyat di Somalia dan gerakan Al-Shabab kemudian muncul sebagai pemberontak.

Dan pasukan Ethiopia yang tersisa di 2009, setelah terbentuk pemerintahan transisi Somalia baru untuk memulihkan stabilitas ke negara yang mengalami perang saudara sejak tahun 1991. Kenya telah memindahkan pasukannya ke Somalia selatan pada bulan Oktober untuk membuka front kedua melawan gerakan Al-Shabab yang diusir dari ibukota Mogadishu pada bulan Agustus oleh pasukan pemerintah Somalia yang didukung oleh lebih dari sembilan ribu pasukan Uni Afrika.
 sumber
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Copas 4 Islam - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template