Headlines News :
Home » » Palestina Lebih Berpeluang Jadi Negara Pengamat PBB

Palestina Lebih Berpeluang Jadi Negara Pengamat PBB

Written By ASEP KUMIS on Kamis, 15 September 2011 | 9/15/2011 03:02:00 AM

Palestina Lebih Berpeluang Jadi Negara Pengamat PBB

JAKARTA - Mantan Wakil Tetap Republik Indonesia di New York dan Jenewa, Makarim Wibisono, mengutarakan kalkulasinya soal kemungkinan Palestina menjadi Anggota Penuh PBB. Menurutnya, status keanggotaan penuh PBB bagi Palestina itu sangat bergantung kepada hasil keputusan Dewan Keamanan PBB.

"Di atas kertas, Palestina punya posisi tawar yang baik di Majelis Umum PBB. Sebab, negara-negara anggota Gerakan Non-Blok akan mendukung upaya tersebut," kata Makarim.
Posisi tawar itu semakin diperkuat dengan dukungan dari Liga Arab, Organisasi Konferensi Islam (OKI), dan African Grouping. Namun untuk menjadi anggota penuh, terang Makarim, Palestina tidak saja harus mendapatkan persetujuan dari Majelis Umum PBB. Tetapi, mereka juga harus mendapat lampu hijau dari Dewan Keamanan PBB. Ketentuan itu sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Piagam PBB.

Menurut kalkulasi Direktur Eksekutif ASEAN Foundation itu, Perancis, sebagai salah satu anggota tetap Dewan Keamanan PBB, berkemungkinan besar menolak proposal Palestina tersebut. Inggris masih belum memperlihatkan kecenderungannya, sedangkan delegasi Amerika dengan jelas masih mendukung Israel.

Jika Majelis Umum menyatakan positif dan Dewan Keamanan menyatakan negatif, maka Palestina secara resmi akan diakui sebagai negara dengan status "Pengamat" (observer) di PBB, seperti halnya Vatikan dan Swiss. Dengan demikian, kata dia, tiket keanggotaan penuh Palestina ada pada Dewan Keamanan PBB.


sumber
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Copas 4 Islam - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template